Siklus penjualan dan Celah Korupsi pada perusahaan dagang

Siklus penjualan dan pembelian.

Kasus Sinar Garut Family.
siklus penjualan
      perusahaan dagang ini menjual aneka es dan minuman kepada pelanggan. perusahaan ini juga mempromosikan beberapa menu andalan.  Jadi, apabila pelanggan tertarik dengan minuman atau es sesuai dengan minat pelanggan.  Maka pelanggan dapat langsung membeli minuman tersebut secara tunai.

Siklus Pembelian
      Siklus pembelian adalah suatu kegiatan atau transaksi pembelian, baik itu secara tunai maupun kredit dalam suatu organisasi.
Sistem Informasi Akuntansi Pembelian berarti suatu sistem pembelian atau suatu sistem transaksi untuk mendapatkan barang-barang baik secara kredit maupun secara tunai di dalam suatu organisasi / perusahaan yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media, prosedur-prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi yang penting, memberi sinyal kepada management dan menyediakan suatu dasar informasi pembelian untuk pengambilan keputusan yang cerdik.
Dalam pembahasan kali ini, siklus pembelian terdiri atas :
Pembelian Tunai berdasarkan penawaran supplier
Pembelian Tunai berdasarkan inisiatif perusahaan
Pembelian kredit berdasarkan penawaran supplier
Pembelian kredit berdasarkaninisiatif perusahaan
kemudian setelah membahas siklus penjualan dan pembelian Sinar Garut Family saya akan membahas tentang apakah ada celah korupsi didalam perusahaan daagang ini.

dari hasil survey saya ketempat penjualan es campur ini saya menyimpulkan bahwa perusahaan dagang ini sangat rentan terjadinya sebuah kasus korupsi. Dikarenakan pemiliknya tidak ikut memantau proses penjualan dan hanya mempercayakannya kepada semua karyawannya. Dan dalam proses transaksi pun tidak menggunakan Aplikasi atau mesin kasir yang memadai, juga ditempat ini tidak ada CCTV sama sekali. Jadi oleh karena sebab sebab tadi di perusahaan ini sangat rentan terjadi korupsi.

namun ketika saya tanya kepada sang pemilik perusahaan dagang ini dia tidak pernah mengalami kerugian yang parah, dan dia sangat percaya kepada anak buahnya.
dan saya juga sudah menyarankan agar setidaknya diberikan CCTV agar apat dipantau dari jauh.


Komentar

Postingan Populer